Dibalik Kisah Sukses Zoho
Assalamu'alaikum teman-teman...
Kembali lagi nih dengan aku hehe
Semoga gak bosan ya dengan tulisan aku, ya masih dibilang gak seberapa ini
Oke jadi pada pembahasan kali ini aku bakal bahas mengenai dibalik kisah sukses Zoho...
Mari check it out!!!
Btw, temen-temen udah tau apa itu Zoho?
Zoho merupakan sebuah platform layanan email yang memiliki target pemasaran untuk keperluan bisnis termasuk bagi pengguna profesional. Jika dilihat sekilas, Zoho ini memiliki model email seperti Gmail yang mana menyediakan inbox yang bebas dari iklan didalamnya. Zoho merupakan salah satu solusi bagi email bisnis yang aman dan andal dan dibuat khusus untuk komunikasi organisasi.
Zoho juga memiliki tampilan yan minimalis tapi powerfull, sehingga memudahkan user nantinya. Zoho tidak menyediakan email saja, tetapi Zoho juga meyediakan layanan yang lain seperti Docs, Kalender, CRM, Creator, Project yang sudah terintegrasi dengan email. Zoho mail memiliki berbagai kelebihan, yaitu:
1. Email berbasis domain kustom. Zoho mail menyediakan fitur untuk membuat alamat email dengan domain kustom sesuai dengan organisasi yang kita miliki. Fitur ini membantu kita mengelola domain khusus seperti profesional.
2. Panel kontrol yang lengkap sehingga membuat admin mudah dalam pengaturan, konfigurasi dan kustomisasi.
3. Fitur penyimpanan email dan e-discovery yang membantu untuk menyimpan email di seluruh organisasi dalam jangka waktu tertentu. Fitur e-discovery memudahkan dalam menemukan email-email yang sejenis dengan cepat.
4. Jaminan privasi. Server dari zoho mail akan memastikan bahwa data-data yang kita miliki aman dan mudah diakses.
5. Dukungan pakar teknis nonstop sehingga Zoho dapat membantu pengguna kapanpun melalui email di support@zohomail.com
6. Dapat melakukan migrasi dari layanan email sebelumnya dengan mudah menggunakan alat migrasi.
Dengan berbagai kelebihan tersebut, lalu bagaimanakah awal mula terbentuknya Zoho?
Pada awal berdiri, Zoho memiliki nama AdventNet, Inc. Nama ini dipakai dari awal berdiri yaitu tahun 1996 sampai 2009 sebelum menjadi Zoho seperti saat ini.
AdventNet ini dirintis oleh dua bersaudara yaitu Sridhar Vembu, Kumar, dan Sekhar Vembu, dan Tony Thomas. Yang mana Kumar dan Sekhar Vembu menjalankan di India sedangkan Tony Thomas menjalankan di Amerika.
AdventNet mulai berkespansi ke Jepang pada tahun 2001. Selanjutnya pada tahun 2005 merilis Zoho CRM, diikutu dengan Creator, Projects, dan Sheet pada tahun 2006.
Selanjutnya, pada tahu 2007, Zoho mulai berekspansi ke sektor collaboration space dan merilis Zoho Meeting dan Zoho Docs. Kemudian pada tahun 2008 menambahkan aplikasi invoice dan mail. Dan pada tahun yang sama di bulan Agustus, Zoho berhasil mencapai 1 juta pengguna.
Di tahun 2009 berkat popularitas Zoho Office Suite, AdventNet akhirnya resmi berganti nama menjasi Zoho. Satu hal yang menarik dari Zoho, sampai saat ini Zoho menjadi suatu perusahaan privat dan tidak ada membuka pintu bagi investor. Terhitung sejak januari 2020, Zoho sudah memiliki 50 juta pengguna di seluruh dunia.
Prinsip Zoho
Salah satu hal yang cukup menarik dari Zoho ialah culture perusahaan yang bisa dibilang cukup unik. Zoho memili banyak hal yang lebig menjadi prioritas bagi mereka dibandingkan dengan mengejar keuntungan seperti pada perusahaan pada umumnya, bahkan jika hal tersebut bertentangan dengan yang disebut kepentingan bisnis.
Fokus kepada Hal-Hal Penting
Dalam hal ini Zoho memilik prioritas yang bisa dibilang kreatif dalam menggunakan uang mereka. Yang menjadi prioritas bagi Zoho alokasi anggaran mereka terhadap pengembangan produk dan adanya dukungan dari pengguna, bukan pemasaran maupun penjualan.
Seolah Zoho mewakili suara-suara dari pengguna yaitu,"Kami membayarmu untuk melayani kami, bukan terus-menerus menawarkan ini-itu".
Software Serius, Perusahaan yang Ramah
Serius dan ramah merupakan dua hal yang sulit untuk terlaksana bersamaan. Namun, Zoho menjadikan dua hal ini sebagai nilai yang penting di perusahaan.
Jika artikel ini bermanfaat dan ada saran maupun masukan, silahkan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia dan jangan lupa di share ya...
Sampai jumpa di update artikel selanjutnya, bye...
Sumber :
[1] https://jagad.id/zoho/
[2] https://www.teknovidia.com/sejarah-zoho/
[3] https://www.zoho.com/id/mail/features.html
Komentar
Posting Komentar