Digitalisasi Solusi Bagi Pelaku UMKM

Assalamu'alaikum teman-teman...

Kembali lagi nih dengan aku hehe
Semoga gak bosan ya dengan tulisan aku, ya masih dibilang gak seberapa ini

Oke jadi pada pembahasan kali ini aku bakal bahas mengenai digitalisasi solusi bagi pelaku UMKM...

Mari check it out!!!
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan suatu kegiatan usaha produktif yang dilakuka secara individu ataupun berkelompok didalam ekonomi. UMKM menjadi tulang punggung dalam perekonomian di Indonesia yang mana menyerap sampai 97% tenaga kerja dan dapat mengumpulkan sampai 60,42% dari keselurhan total investasi di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat kita lihat bahwa peran UMKM sangat besar bagu perekonomian di Indonesia secara nasional. Namun, sejak pandemi Covid-19 menjadi suatu ancaman dan peluang bagi UMKM untuk dapat terus tumbuh kedepannya.


Pandemi Covid-19 ini mendorong adanya tranformasi digital di Indonesia khususnya bagi para pelaku UMKM. Karena adanya kebijakan pembatasan sosial dan perubahan pola konsumsi dari masyarakat, yang mana membuat UMKM secara suka tidak suka mengubah operasioanal usahanya dengan menggunakan platform digital. Melihat pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang mana diperkirakan saat ini sudah mencapai 73% dan 196 juta pengguna. 


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Delloite Access Economics menunjukkan hambatan transformasi digital bagi UMKM di Indonesia. Sebanyak 36% UMKM di Indonesia masih menggunkan metode pemasaran secara konvensional dan hanya 18% UMKM yang dapat menggunkan media sosial dan website untuk mempromosikan produknya. Sementara itu, hanya 37% UMKM yang mampu mengopersaikan komputer dan internet secara sederhana.


 "Digitalisasi ini juga dapat dipercepat kalau pihak-pihak berwenang bersinergi, salah satunya untuk menyediakan dan menjamin konektivitas internet yang berkelanjutan dan terjangkau", jelas peneliti CIPS Noor Halimah Anjani.

Sumber : RDK FM UIN JAKARTA

Dengan menerapkan konsep digititalisasi pada UMKM, diharapkan UMKM dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas tentunya. Dosen sekaligus Peneliti SBM ITB, Yulianto Suharto, PharmD, MBA, MSc menyatakan bahwa digitalisasi merupakan salah satu konsep bisnis yang sedang banyak dilakukan saat ini. Ditambah dengan situasi pandemi Covid-19, menjadikan digitalisasi sebagai sebuah keharusan untuk diterapkan. Yulianto mencontohkan konsep digitalisasi menggunakan tools digital untuk membantu proses bisnis, seperti digital marketing dengan menggunakan e-commerce atau social media untuk mempromosikan produk atau layanan. “Digitalisasi adalah bagaimana memanfaatkan informasi yang ada di digital untuk membantu proses bisnis. Digital marketing adalah salah satu bentuk digitalisasi dimana proses bisnisnya dibantu,” ucap Yulianto dalam workshop ifortepreneur 4.0.


Melalui presentasinya, Yulianto juga mengungkapkan bahwa proses digitalisasi mampu memberikan dan menciptakan potensi bisnis baru. Yulianto mencontohkan, seperti dengan bantuan digital marketing dapat menghilangkan batasan wilayah sehingga UMKM bisa menjual produk mereka ke seluruh Indonesia termasuk Papua. Selain digitalisasi, Yulianto juga mengungkapkan salah satu konsep yang juga sering digunakan saat ini, yaitu transformasi digital. Transformasi digital tidak hanya banyak diimplementasikan oleh pelaku UMKM, tetapi juga banyak digandrungi oleh perusahaan besar. Ia meyakini bahwa dengan adanya transformasi digital mampu meningkatkan layanan ke konsumen. “Transformasi digital itu adalah bagaimana membangun culture digital untuk melayani konsumen lebih cepat, lebih baik, dan lebih tepat,” imbuhnya.


Sumber :

[1]      CIPS, “Digitalisasi, Solusi UMKM Bertahan Selama Pandemi,” Aug-2021. [Online]. Available: https://id.cips-indonesia.org/post/siaran-pers-digitalisasi-solusi-umkm-bertahan-selama-pandemi. [Accessed: 24-Mar-2022].

[2]      SBMITB, “Digitalisasi membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan jangkaun pasar – SBM ITB.” [Online]. Available: https://www.sbm.itb.ac.id/id/2021/11/03/digitalisasi-membantu-pelaku-umkm-dalam-meningkatkan-jangkaun-pasar/. [Accessed: 24-Mar-2022].

Komentar

Postingan Populer